Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Pengertian Iklan, Fungsi & Jenis-jenisnya

>

Pengertian Iklan

Apa pengertian Iklan / advertisement ?
Iklan / advertisement adalah informasi atau pesan yang dibuat oleh sesorang/instansi/organisasi/perusahaan diberbagai media (cetak / elektronik/ online) untuk mengajak atau menawarkan orang melakukan tindakan tertentu.

Iklan bisa disebut juga kampanye. Iklan yang paling umum adalah iklan penawaran untuk menggunakan atau membeli produk / jasa. Tapi iklan bukan sekedar menawarkan produk. Karena iklan bisa berupa pengenalan merk/brand, atau bisa juga ajakan sosial seperti halnya iklan layanan masyarakat.

pengertian iklan, jenis iklan, fungsi iklan
pengertian iklan, jenis iklan, fungsi iklan

Pengertian iklan menurut KBBI & Para Ahli

– KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, Iklan adalah (1) berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; (2) pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum;

– Rhenald Kasali

Menurut Rhenald Kasali, iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

– Rachmat Kriyantono

Menurut Rachmat Kriyantono, iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

– Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatuk sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

Tujuan iklan adalah mempengaruhi orang untuk melakukan / mengetahui sesuatu. Iklan bisa digunakan untuk membuat orang membeli produk / jasa yang kita tawarkan. Bisa juga sekedar mengenalkan merk/brand saja, dengan merk kita terkenal yang dalam jangka panjang bertujuan orang menggunakan produk kita.

Iklan bisa juga berarti memberikan informasi atau mengkampanyekan suatu gerakan sosial, seperti halnya iklan layanan masyarakat.

Fungsi Iklan

Fungsi iklan menurut Terence A. Shimp (akademisi Amerika, praktisi & ahli komunikasi pemasaran) iklan memiliki 5 fungsi penting, yaitu :

1. Memberikan informasi (Informing), memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk perusahaan tersebut.

2. Membujuk (Persuading), memberikan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan perusahaan.

3. Mengingatkan (Reminding) , memberikan stimulus-stimulus kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan tersebut.

4. Memberikan nilai tambah (Adding Value), iklan harus bisa memberikan nilai tambah produk dan mempengaruhi persepsi konsumen (positif).

5. Mendampingi (Assiting), salah satu fungsi utama dari iklan adalah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan lainnya.

Jenis-jenis Iklan

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya :

  1. Iklan komersil / Comercial Advertising
    – konsumen / Taktis
    – Strategis / Branding
  2. Iklan korporat / Corporate Advertising
  3. Iklan non komersil / Public Service Advertising

Lihat penjelasan lengkap : Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

  1. Iklan Pengumuman / Pemberitahuan
  2. Iklan Penawaran / Niaga
  3. Iklan Layanan Masyarkat

Lihat penjelasan lengkap : Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

  1. Iklan Cetak
  2. Iklan Elektronik & Internet
  3. Iklan luar ruangan (Out of home)

Lihat penjelasan lengkap : Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Itulah arti tentang iklan & berbagai jenisnya yang bisa anda implemenastikan di bisnis anda.