Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Cara Membuat Website Sendiri

Membuat website sendiri sebenarnya mudah, asal kita mau sedikit belajar & praktek. Untuk membuat web / blog sendiri kita tidak harus menguasai bahasa pemrograman yang ruwet kok seperti php, html, javascript, dll kok (tentu jika menguasai bahasa pemrograman ya lebih mudah lagi, setidaknya pemrograman dasar aja). Karena sekarang banyak pelayanan web builder / cms yang mudah digunakan & gratis lagi.

Disini kita akan membahas cara membuat website / blog dengan bahasa sederhana agar mudah difahami semua orang termasuk jika anda pemula sekalipun. Untuk memulai buat website kita akan mengajarkan tutorial simpel yes, sehingga tak perlu memikirkan yang ribet2 ala expert, cuzzz…

 

Komponen Website

Apa sih yang diperlukan untuk membuat website?

 

Dalam membuat website yang diperlukan hanya 2 komponen, yaitu : Hosting & Domain

Ya.. udah itu aja.

 

Jika anda pernah dengan istilah data center, IP, database,SSL, my sql, dll, abaikan aja dulu dari pada menambah beban fikiran anda. kecuali anda sudah faham ya. Kita gak harus belajar tiap detail istilah2 dulu, karena tanpa faham istilah tersebut kita juga bisa kok membuat website 🙂 Ya kalo faham lebih ok, tp kan kita belajar cara mudah buat website nih.

Pengertian tentang Hosting & Domain :

  1. Hosting

    Hosting adalah tempat kita menaruh berbagai file & database website kita. Jika website diibaratkan rumah, maka hosting adalah petak tanah untuk membangun rumah kita.

  2. Domain

    Domain adalah alamat untuk mengakses website kita. Jika ibarat rumah, maka domain adalah alamatnya. Contoh seperti website ini alamat domainya adalah indoim.com

 

Udah faham kan, istilah hosting & domain diatas?

Lalu beli hosting & domain dimana?

banyak banget penyedia hosting di indonesia tercinta ini. Jika target website anda adalah Indonesia, saya sarankan menggunakan hosting Indonesia, kecuali website anda untuk target luar negeri.

Salah satu web hosting Indonesia & pembayaran bisa pakai rupiah adalah di Niagahoster. Di niagahoster terdapat berbagai pilihan harga kok. Mau yang murah ataupun yan mahal bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan web kita.

Banyak pilihan paket hosting murah, bahkan terdapat gratis domain untuk paket hosting tertentu. Tersedia server hosting Indonesia maupun luar.

Anda bisa langsung dapatkan hosting & domain anda sekarang disini, agar kita bisa langsung praktek membuat website sendiri.

Pilih disini -> Hosting Murah

 

ok, kita langsung mulai membuat website sendiri.

Saya anggap anda sudah memiliki domain & hosting ya.

Untuk membuat website kalo dikelompokkan ada 2 cara, yaitu :

  • membuat dari 0 dengan koding
  • menggunakan cms platform.

Dalam praktek ini untuk membangun website kita pilih yang mudah aja yaitu menggunakan cms platform.

CMS (content management system) adalah perangkat lunak siap pakai untuk membuat website yang bisa tambahkan atau edit sesuai kebutuhan kita.

Dan cms yang kita pilih, jatuh pada kandidat terpopuler saat ini, yaitu WordPress.

 

Kenapa wordpress?

WordPress adalah adalah cms terpopuler saat ini yang paling banyak di gunakan berrbagai developer website karena kemudahannya, banyak fitur powerfull, terus update & dikembangkan oleh berbagai developer, tersedia banyak theme & plugin, serta (yang paling penting) gratis. 😀

 

Instal Website WordPress

Untuk instal wordpress silahkan langsung buka Cpanel.

Cpanel bisa anda akses dari akun member pembelian hosting anda, atau langsung buka domain anda tambah “/cpanel”. contoh domainmu.com/cpanel lalu login

(jika anda bingung akses cpanel, silahkan tulis komentar dibawah. Jika perlu kami tambahkan detailnya)

Di cpanel cari menu wordpress. Biasanya terletak di bagian bawah

Klik icon WordPress, maka akan otomatis terbuka area softaculous, lalu klik Instal Now

kamudian isi semua data website anda, dari pilih domain, nama website, deskripsi, email, dll

 

Catatan :pada kolom In Directory sebaiknya dikosongkan, agar web terinstal di domain utama. biasanya terisi “wp” hapus saja

 

Jika sudah terisi semuanya klik Instal di bagian bawah.

Tunggu proses selesai, jadi deh website anda.

DONE. website kita sudah jadi.

 

Selanjutnya anda bisa akses admin website anda melalui : domainmu.com/wp-admin

Disini anda bisa mengatur sepenuhnya website anda, seperti pilih theme, tanbah plugin, membuat artikel, atur menu, widget, dll.

 

Mudah kan?

Jika ada pertanyaan mengenai cara membuat website sendiri, langsung aja tulis komen di bawah yes. Semoga bermanfaat.