MACAM-MACAM BISNIS ONLINE & CARA MEMULAINYA

Indoim.com – Internet marketing kadang masih membingungkan jika tidak dijabarkan model-model bisnisnya karena IM memiliki banyak sekali model-model bisnis di dalamnya yang tentu semuanya membutuhkan skill dan Intertest yang berbeda-beda. Sehingga kadang para pemula bingung “Gimana aja sih caranya dapet duit dari internet?

Di sini kita akan jabarkan apa saja model bisnis dalam internet marketing itu agar Anda bisa memiliki pengetahuan mengenai model yang mungkin akan cocok dengan Intertest kita saat ini. Bisnis online itu banyak sekali macam-macamnya, dari yang modal besar, modal kecil, bahkan gratis tanpa modal.model bentuk internet marketing dalam bisnis online

Berikut macam-macam model bisnis di Internet Marketing yang paling populer saat ini :

 

    • Bisnis Affiliate Marketing

Ini merupakan model bisnis IM yang paling mudah untuk diterjuni oleh para newbie karena pada dasarnya dalam bisnis ini, Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar untuk menjualkan produk orang lain dengan imbalan komisi. Semuanya dilakukan secara online mulai mendatangkan trafik hingga proses order dan pengiriman produk.
Anda hanya cukup menggunakan link tracking atau biasa disebut affiliate link dari pemilik produk untuk melacak statistik penjualan dan komisi yang Anda hasilkan.
Cara mudah pemasaran adalah dengan sosial media atau afiliasi menggunakan blog.
Jika ada penjualan terjadi atas referensi Anda menggunakan link affiliate ini, maka otomatis Anda akan mendapatkan komisi yang biasanya diatur dalam presentasi misalnya, 50% atau 60% dari total nominal transaksinya.
Banyak para internet marketer yang sudah menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta dari affiliate marketing ini setiap tahunnya.

Untuk memulainya bisnis affiliate anda bisa mempromosikan produk-produk dari marketplace. Untuk marketplace digital di Indonesia anda mendaftar di Ratakan atau Idaff.

Daftar Ratakan Di Sini  |

Daftar Idaff disini

 

  • Product Creation

Produk Creation / produk kreator adalah Anda sebagai pembuat atau pemilik produk khususnya produk digital. Produk digital ini bisa berupa tutorial video, ebook, tool, software, sistem dll. contoh produk-produk digital bisa anda lihat disini.

Dalam model bisnis ini Anda berperan sebagai produsen. dalam pembuatan produk ini anda bisa lakukan sendiri maupun membangun team.

Ini adalah langkah lanjutan dari affiliate marketing, hanya saja ini tidak semudah seperti menjualkan produk orang lain. Untuk menciptakan sebuah produk, Anda harus melakukan riset Market dan membuat produk itu sendiri, Anda juga harus membuat sistem penjualan onlinenya dan juga bertanggung jawab melayani Customs support.
Akan ada banyak yang harus Anda kerjakan sebagai product owner, namun inilah sebenarnya bisnis yang sesungguhnya menguntungkan Anda di IM.
Dalam penjualan produk anda nantinya anda bisa melakukan penjualan sendiri, dan ataupun bekerja sama dengan affiliate, sehingga pemasaran produk anda akan banyak terbantu.
  • PPC Publisher

Ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang mana mereka ini memiliki blog-blog yang memiliki trafik tinggi kemudian mengikuti sebuah program periklanan seperti Google Adsense untuk menampilkan iklan mereka dengan imbalan komisi dari hasil iklan yang diklik oleh pengunjung blog mereka.
  • Local Business

Local business adalah model bisnis lokal yang sebelumnya hanya dijalankan secara offline dan kemudian dijalankan secara online untuk menjaring calon customer dengan market yang lebih luas di dunia online.
Biasanya berbentuk onlineshop, atau toko online. pemasaran bisa via sosmed, gadget, web, marketplace dll.
  • Website Flipping

Ini adalah model bisnis jual-beli website yang siap pakai. Biasanya website start-up dan juga website yang sudah established dan memiliki revenue. Biasanya dilakukan oleh para webmaster dan Web designer yang profesional dimana mereka menjual web-web yang siap untuk digunakan oleh para pembelinya. Resource dari model bisnis ini adalah Flippa.com.
  • Membership Website

Website Membership adalah model bisnis yang benar-benar mengutamakan konsistensi update konten atau produk yang bertujuan untuk menghasilkan passive income untuk pemiliknya karena biasanya akan ada pembayaran bulanan atau tahunan. Selain itu biasanya pembayaran rutin ini dilakukan untuk bisa tetap menikmati sebuah layanan atau produk dari penyedianya. Istilah kerennya adalah recurring income atau pendapatan yang berkelanjutan.
Contoh umumnya adalah seperti Anda berlangganan internet itu dimana Anda harus membayar tiap bulannya untuk bisa menikmati akses internet.
  • Joint Venture

Joint venture (JV) adalah bisnis partnership dimana Anda mencari seorang yang ahli khususnya dalam membuat produk digital namun tidak bisa memasarkannya atau tidak memiliki skill IM untuk menjual produknya. Biasanya dengan sistem profit share 50/50.
Model bisnis ini memiliki potensi yang besar karena banyak kreator produk-produk berkualitas namun mereka tidak tahu bagaimana cara memasarkannya dalam internet marketing. Disinilah dibutuhkan skill IM yang sudah Anda miliki dan berperan sebagai ujung tombak penjualan produk mereka.
  • Webinar

Saat ini webinar memang tidak begitu populer di Indonesia. Tapi sudah mulai di gunakan para pelaku IM.
Webinar ini pada dasarnya adalah sebuah seminar online yang mana pesertanya bisa mengikuti seminar online ini dari mana saja termasuk dari rumah saja. Untuk biayanya pun sebenarnya sama saja bahkan ada juga yang gratis tapi memang biasanya ada upsell di dalamnya.
Di negara-negara maju sendiri seperti US, UK, CA, Jepang dan Australia, webinar ini sudah sangat populer diadakan.
Ada kelebihan dan kekurangannya webinar dibanding dengan seminar offline. Kelebihannya adalah, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menuju lokasi terutama jika lokasi seminarnya jauh dari tempat tinggal Anda karena webinar bisa dilakukan dari mana saja selama ada koneksi internet. Kekurangannya adalah terutama di Indonesia adalah karena webinar ini membutuhkan koneksi yang super kenceng.
  • Domaining

Model bisnis Domaining sebenarnya kurang lebih sama dengan poin kelima sebelumnya, hanya saja di sini bukan website yang dijual melainkan hanya sebuah nama domain.
Pebisnis domaining ini biasanya mengakuisisi nama-nama domain yang langka, brandable atau domain yang memiliki Authority tinggi di mesin pencari Google untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.
  • Service Provider

Service Provider adalah model bisnis yang sebenarnya sangat profitable karena hampir tidak ada modal uang yang dibutuhkan pada awal memulainya. Jika Anda memiliki skill yang bisa dijual sebagai jasa, maka Anda tinggal menjualnya saja dan mendapatkan profit 100%. Hanya saja memang membutuhkan dedikasi waktu dan energi untuk melakukannya kecuali Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar sebuah jasa.
Contohnya, jika Anda memiliki skill desain graphic menggunakan Photoshop, Anda bisa menjual keahlian Anda ini. Contoh lainnya adalah menjual jasa SEO yang banyak diminati orang untuk menaikkan rangking websitenya di Google
Buanyak to! Sebenarnya masih buanyak lagi model bisnis online dalam internet marketing. tergantung kreatifitas kita juga  dalam bisnis online ini. Kita bisa juga menciptakan model bisnis online sendiri bila kita kreatif. Kalo punya ide bisnis online yang baru boleh ditambahkan di komentar.

Artikel Menarik lainnya yang terkait :

KENAPA PEBISNIS ONLINE HARUS PUNYA WEBSITE ? IndoIM. Banyak pebisnis online hanya memikirkan mendapat sales sebanyak-banyaknya. Dari segi profit, sales memang penting. Tapi, sebagai pebisnis kita...
TIPS MEMAKSIMALKAN FB ADS DENGAN MENENTUKAN TARGET... Untuk memaksimalkan Fb ads kita harus menentukan target audience. Seperti dijelaskan waktu buat iklan di facebook kan kita ada langkah menentuka...
DATA KONTAK BBM RESELLER OL SHOP FREE DOWNLOAD Berikut adalah 1000 lebih daftar kontak BBM para reseller untuk jualan bisnis online anda. File sudah tersusun dalam daftar bentuk excel. Langsung...
ANDA TYPE APA DALAM BERBISNIS? IndoIM.com - Dalam bisnis online maupun offline, seorang marketing biasanya mempunyai tipe cara memasarkan produkknya dengan salah satu atau kombinasi...

Tags: Internet Marketing